Senin, 10 April 2017 - 14:24:58 WIB
Varietas Unggul Komoditas Tanaman Pangan Hasil Pelepasan Varietas Pada Tahun 2016
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel - Dibaca: 444 kali

Calon varietas unggul berupa galur/hibrida/mutan/transgenik/varietas lokal yang diusulkan untuk dapat dilepas harus memenuhi beberapa kriteria yaitu memiliki keunggulan yang nyata dibanding dengan varietas unggul yang telah dilepas sebelumnya, genetik yang stabil, serta seragam (homogen). Uraian kriteria calon varietas sebagaimana dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Calon varietas unggul dianggap stabil apabila sifat-sifat unggulnya tidak mengalami perubahan setelah ditanam berulang-ulang. Calon varietas unggul dianggap seragam apabila sifat-sfat utama /penting pada varietas tersebut berpenampilan sama pada masing-masing lingkungan.
  2. Calon varietas dianggap memiliki keuggulan apabila mempunyai satu atau lebih sifat yang lebih baik daripada varietas unggul yang telah ada (pembanding).

Untuk membuktikan bahwa calon varietas yang diusulkan memiliki keunggulan, calon varietas tersebut harus diuji melalui serangkaian pengujian yaitu adaptasi bagi galur, hibrida, mutan dan transgenik hasil pemuliaan, uji observasi bagi varietas lokal, atau uji petak pembanding untuk calon varietas turunan esensial. Selain itu juga harus dilakukan uji ketahanan hama dan penyakit utama serta uji mutu hasil (berdasarkan hasil uji laboratorium atau lapangan).

Calon varietas hasil pemuliaan/varietas lokal/varietas introduksi, untuk dapat dilepas sebagai varietas unggul nasional harus memenuhi persyaratan berdasarkan  Prosedur Pelepasan Varietas Tanaman Pangan. 

 

Artikel lengkap dapat didownload disini

Penyusun : Herni Susilowati (PBT Madya)



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)