Senin, 17 April 2017 - 14:59:12 WIB
Uji Sterilitas Autoclave
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel - Dibaca: 360 kali

Didalam pengujian kesehatan benih, sterilitas alat dan bahan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan tingkat keakuratan hasil pengujian khususnya pengujian penyakit. Untuk memperoleh alat dan bahan yang steril dapat dilakukan dengan proses sterilisasi. Proses sterilisasi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu sterilisasi kering dengan menggunakan oven dan sterilisasi basah dengan menggunakan autoclave.

 

Guna menjamin proses sterilisasi khususnya dalam penggunaan autoclave, maka diperlukan pemantauan kinerja alat (autoclave) secara rutin agar porses sterilisasi yang dihasilkan dapat maksimal. Uji kinerja alat dapat dilakukan dengan proses kalibrasi yang dapat dilakukan secara eksternal oleh sebuah laboratorium kalibrasi atau dengan melaksanakan kalibrasi internal. Kalibrasi internal dapat dilakukan dengan menggunakan biondikator atau solatif steriliritas yang berfungsi menunjukkan apakan proses sterilisasi berjalan efektif dan maksimal.

Bioindikator adalah berupa ampul yang berisi nutrient broth, gula, indicator pH dan  spora bakteri tahan panas Geobacillus stearothermophillus. Bakteri ini dapat mati hanya jika dipanaskan pada suhu 121+0.5 OC selama 15 menit. Oleh karena itu penggunaan bakteri ini dalam proses sterilisasi mampu mengindikasikan apakah proses sterilisasi oleh autoclave tersebut berjalan sempurna. Selain bioindikator bisa digunakan juga indikator sterilisasi type  pita. Indikator sterilisasi type pita adalah bahan berbentuk seperti selotip berwarna putih yang berfungsi untuk menguji proses sterilisasi oleh autoklave berjalan sempurna atau tidak.

Tujuan dari uji sterilitas autoclave ini untuk memantau apakah kinerja autoclave di laboratorium bakteri masih berjalan dengan baik dan mampu menghasilkan alat dan bahan yang steril untuk pengujian kesehatan benih.

 Artikel lengkap dapat didownload disini

 

Penulis : Sri Rahayu Puji Lestari (PBT Madya, Balai Besar PPMB-TPH)



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)