Jumat, 05 Mei 2017 - 14:07:28 WIB
Status Akreditasi Penyelenggaraan Uji Profisiensi (PUP) Balai Besar PPMB-TPH
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 984 kali

Balai Besar PPMB-TPH sebagai institusi Penyelenggara Uji Profisiensi (PUP) telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada bulan Agustus 2011 dengan nomor PUP-001-IDN yang berlaku sampai dengan Agustus 2015. Untuk mempertahankan status akreditasi (re-akreditasi), PUP Balai Besar PPMB-TPH memasukkan permohonan re-akreditasi ke Komite Akreditasi Nasional, dan pada bulan Desember tahun 2015 PUP Balai Besar PPMB-TPH dinyatakan dapat mempertahankan status akreditasi yang telah diperoleh sebelumnya (re-akreditasi). Ruang lingkup akreditasi penyelenggaraan uji profisiensi PUP Balai Besar PPMB-TPH adalah benih tanaman pangan dan hortikultura, dengan parameter pengujian meliputi: penetapan kadar air, analisis kemurnian, daya berkecambah, penetapan berat 1000 butir dan cendawan terbawa benih cabai. 

Sesuai persyaratan KAN, dalam satu periode akreditasi akan dilakukan survailen untuk melihat konsistensi laboratorium penyelenggara dalam menerapkan persyaratan dalam acuan SNI ISO/IEC 17043:2010. Survailen I re-akreditasi PUP Balai Besar PPMB-TPH telah dilaksanakan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tanggal 8 Desember 2016, dengan ringkasan hasil sebagai berikut: PUP Balai Besar PPMB-TPH memiliki sarana prasarana yang cukup memadai untuk menyelenggarakan uji profisiensi, dengan didukung oleh 23 personel dibidang manajerial dan teknis dengan kompetensi yang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya. Sejak tahun 2013 PUP Balai Besar PPMB-TPH telah menyelenggarakan 14 kali uji profisiensi secara rutin, kecuali parameter cendawan terbawa benih (hanya dilaksanakan pada tahun 2008). Uji Profisiensi tahun 2016 telah selesai dilaksanakan, adapun agenda penyelenggaraan uji profisiensi untuk tahun 2017 sampai dengan tahun 2020 sesuai dengan surat nomor: 24.LB.010/C3.BBMB/8/ 2016 dari PUP Balai Besar PPMB-TPH kepada calon peserta uji profisiensi, adalah sebagai berikut:

Rencana Uji  Profisiensi Tahun 2017 – 2020

Penyelenggara Uji Profisiensi Balai Besar PPMB-TPH

 

Komoditi

Tahun Pelaksanaan

Parameter Pengujian

Pengiriman

2017

2018

2019

2020

Tanaman Pangan

Jagung

Padi

Jagung

Padi

-   Penetapan kadar air

-   Analisis Kemurnian

-   Daya Berkecambah

-   Penetapan berat 1000 butir

-   JNE

-   TIKI

-   PT. Pos Indonesia

Hortikultura

Kacang Panjang

Sawi

Tomat

Buncis

-   Penetapan kadar air

-   Analisis Kemurnian

-   Daya Berkecambah

-   Penetapan berat 1000 butir

Hortikultura

Cabai

-

-

-

-   Kesehatan Benih

(cendawan terbawa benih cabai)

Komoditi untuk uji profisiensi setiap tahunnya terdiri dari benih tanaman pangan dan hortikultura, dengan parameter pengujian standard (penetapan kadar air, analisis kemurnian, daya berkecambah, dan penetapan berat 1000 butir). Tahun 2017 selain uji profisiensi dengan parameter pengujian standard, juga diselenggarakan uji profisiensi kesehatan benih (cendawan terbawa benih cabai).

 

Menindaklanjuti temuan ketidaksesuaian hasil survailen I re-akreditasi, PUP Balai Besar PPMB-TPH telah melaksanakan tindakan perbaikan, dan pada tanggal 14 Februari 2017 PUP Balai Besar PPMB-TPH menerima surat keputusan hasil survailen I dari KAN yang menyatakan bahwa PUP Balai Besar PPMB-TPH dapat mempertahankan akreditasi sesuai ruang lingkup.

 

Penulis : Yani Wiji Lestari (Balai Besar PPMB-TPH)



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)