Jumat, 26 Mei 2017 - 11:58:14 WIB
Pembacaan Sertifikat Kalibrasi Oven
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 1833 kali

Oven merupakan salah satu alat ukur dalam penetapan kadar air pada laboratorium pengujian benih tanaman pangan dan hortikultura. Kadar air merupakan salah satu parameter mutu benih yang ada pada label benih, sehingga akurasi oven harus selalu dipelihara untuk mendapatkan hasil yang valid.

Dalam penerapan sistem mutu laboratorium yang mengacu pada SNI ISO/IEC 17025:2008 klausul 5.5.2 dinyatakan bahwa peralatan yang digunakan untuk pengujian harus mampu menghasilkan akurasi dan spesifikasi yang disyaratkan oleh metode pengujian. Peralatan pengujian (sebelum digunakan) harus dikalibrasi atau dicek agar peralatan pengujian tersebut memenuhi spesifikasi metode/standar yang digunakan.

Sertifikat kalibrasi diperoleh setelah peralatan uji dikalibrasi. Sertifikat kalibrasi merupakan dokumen penting untuk mengetahui apakah peralatan pengujian masih sesuai dengan spesifikasi metode pengujiannya. Informasi yang terdapat pada sertifikat kalibrasi minimal terdapat nilai koreksi dan nilai ketidakpastian pengukuran. Salah satu peralatan laboratorium penguji benih yang harus dikalibrasi adalah oven. Berikut adalah cara penggunaan sertifikat kalibrasi oven yang digunakan untuk menurunkan kandungan uap air dengan memanaskan sample/contoh pada suhu yang diinginkan atau yang dipersyaratkan. Oven yang digunakan dalam pembahasan sertifikat kalibrasi oven ini adalah oven yang dimiliki oleh Balai Besar PPMB-TPH dengan ketelitian alat 10C dan memiliki kapasitas maksimum 2500C. Oven tersebut dikalibrasi oleh Balai Kalibrasi Direktorat Pengembangan Mutu Barang  pada tanggal 10 Juli 2015.

 

Berita lengkap dapat didownload disini

 

Penyusun : Vine Egistiani S, Amiyarsi Mustika Yukti, Nandy Mardiansyah dan Nugraheni (PBT Balai Besar PPMB-TPH)

Narasumber : Heru Ismoko, S.Si., M.SE (Balai Besar Pengujian Mutu Barang Jakarta)



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)