Jumat, 26 Mei 2017 - 12:08:37 WIB
Pentingnya Kegiatan Uji Adaptasi Untuk Menghasilkan Varietas Unggul
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 461 kali

Ketersediaan varietas unggul dengan mutu baik, produktivitas tinggi, tahan terhadap hama penyakit dan cekaman lingkungan, serta sesuai dengan kebutuhan konsumen merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi pada era industrialisasi pertanian dalam persaingan perdagangan bebas.  Selain melalui pemuliaan, upaya untuk memperoleh varietas yang lebih baik, ditempuh pula melalui introduksi galur/varietas yang diuji diberbagai kondisi agroekologi dengan sistem usahatani setempat serta pengembangan kultivar lokal observasi yang disesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Sebelum suatu calon varietas dilepas menjadi varietas unggul perlu dilakukan uji adaptasi atau uji observasi bagi varietas lokal padi atau palawija dengan memenuhi kaidah-kaidah statistik. Penilaian secara objektif dilakukan pada saat pengamatan agar diperoleh hasil yang sebaik-baiknya sebelum dilepas secara resmi. 

Persyaratan calon varietas yang berasal dari varietas lokal:

1)  Memiliki asal usul daerah asal dan nama pemilik/penemu

2)  Metode pemurnian

3)  Lama waktu dibudidayakan

4)  Luas dan daerah penyebaran

5)  Memiliki deskripsi yang lengkap dan jelas

6)  Memiliki keunggulan terhadap varietas pembanding

7)  Memiliki keunikan, keseragaman dan kestabilan

8)  Surat pernyataan dari pemilik bahwa benih penjenis (breeder seed) tersedia baik dalam jumlah yang cukup untuk perbanyakan lebih lanjut.

9)  Telah didaftarkan di kantor Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP), (Prosedur Pelepasan Varietas Tanaman Pangan, Tim Penilai dan Pelepas Varietas Tanaman Pangan, Badan Benih Nasional, Kementerian Pertanian 2016).

Varietas lokal dapat dilepas sebagai varietas unggul apabila:

1)  Merupakan varietas yang sudah ditanam secara luas oleh masyarakat di suatu wilayah dan mempunyai keunggulan. 

2)  Telah dibudidayakan lebih dari 5 (lima) tahun untuk tanaman semusim atau 5 (lima) tahun panen untuk tanaman tahunan.

3)  Merupakan varietas yang telah terdaftar pada Pusat Perlindungan Varieitas Tanaman dan Perijinan Pertanian, (Prosedur Pelepasan Varietas Tanaman Pangan, Tim Penilai dan Pelepas Varietas Tanaman Pangan, Badan Benih Nasional, Kementerian Pertanian 2016).

 Berita lengkap dapat didownload disini

Disusun OLeh : Herni Susilowati (PBT Madya)



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)