Penghargaan Piala Abdi Bakti Tani 2009 dari Menteri Pertanian
Diposting tanggal: 25 Agustus 2013

Dalam rangka memcapai tujuan pembangunan pertanian, salah satunya adalah meningkatkan mutu pelayanan Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) bidang pertanian kepada masyarakat.

Untuk maksud tersebut Menteri Pertanian memberikan penghargaan Abdibaktitani kepada UKPP yang berprestasi dalam meningkatkan kinerja pelayananya kepada publik.

Penilaian Abdi bakti tani

Tujuan penilaian Abdibaktitani:

  • Mendorong dan memotivasi unit pelayanan guna berlomba menggerakkan sumberdaya dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas kinerja pelayanan
  • Mengusulkan UPT yang layak mendapatkan penghargaan Abdibaktitani

Unsur-unsur yang akan dinilai meliputi:
1.  Visi, misi, dan motto pelayanan;
2.  Sistem dan prosedur pelayanan;
3.  Sumber Daya Manusia (SDM) pelayanan;
4.  Sarana dan prasarana.

 

Tahun 2009 Menteri Pertanian memberikan penghargaan Abdi bakti tani kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Departemen Pertanian berupa Piala, Plakat, dan Piagam.  Penerima penghargaan dimaksud adalah  Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura, Cimanggis - Depok.

 

Lima unit pelaksana teknis mendapatkan penghargaan Abdi Bhakti Tani 2009 dengan kategori berprestasi Percontohan diberikan penghargaan berupa Piala Abdibaktitani yang diserahkan oleh Menteri Pertanian yaitu: UPTD Tanaman Pangan dan Hortikultura Kecamatan Buay Madang Timur pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan; Satuan Pelayanan Perkebunan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur; UPTD Balai Pengembangan Benih Kentang Pangalengan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat; Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura, Cimanggis - Depok, Provinsi Jawa Barat; dan Balai Pelatihan Pertanian Jambi.

 

Dan Penghargaan berprestasi Utama diberikan berupa Plakat Abdibaktitani tahun 2009 kepada 29 UPT lingkup Departemen Pertanian.  Sedangkan pemberian penghargaan berprestasi Madya diberikan berupa Piagam Abdi bakti tani tahun 2009 kepada 47 UPT lingkup Departemen Pertanian.

 


"Penilaian untuk mendapatkan penghargaan ini diberikan kepada unit kerja pelayanan publik yang dilakukan setiap tahunnya pada semua unit pelaksana teknis, dan unit kerja pelayanan lainnya," kata Mentan usai memberikan penghargaan Abdi Bhakti Tani 2009 di Jakarta. Penyerahan Piala sudah dilaksanakan bersamaan dengan upacara HUT KORPRI Ke 38 oleh Pembina Upacara tanggal 30 November 2009.

 

Nawawinata Kasubag Budaya Kerja Bagian Organisasi Biro Organisasi Kepegawaian mengatakan, sejak 2006 kriteria penerima penghargaan yang diberikan tidak ada perubahan yakni masih 25 kriteria, hanya bobotnya saja yang berbeda mengacu pada keputusan Menteri Pertanian yang terbaru Peraturan Menteri Pertanian No. 22/Permentan/OT.140/5/2009 tentang Pedoman Penilaian dan Pemberian Penghargaan Abdibaktitani bagi unit kerja pelayanan Publik berprestasi di bidang pertanian.