Penyelenggaraan Uji Profisiensi Benih Tanaman pangan dan Hortikultura Tahun 2014
Diposting tanggal: 21 Januari 2014

Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan  dan Hortikultura  (Balai Besar PPMB-TPH) berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian No. 78/Permentan/OT.140/11/20011,  salah satu fungsinya yaitu  melaksanakan  uji banding (uji profisiensi, unjuk kerja metode, uji arbitrase dan uji acuan) antar laboratorium penguji benih tanaman pangan dan hortikultura. Untuk menunjukan kompetensi dalam penyelenggaraan Uji Profisiensi Balai Besar PPMB-TPH terakreditasi sebagai Laboratorium Penyelenggara Uji Profisiensi (LPUP) nomor UPP-001-IDN  dengan     ruang lingkup pengujian Kadar Air, Kemurnian, Daya Berkecambah, dan Berat 1000 butir.

Tujuan dari penyelenggaraan uji profsiensi adalah untuk menilai kinerja Laboratorium penguji yang ikut berpartisifasi dalam uji profisiensi. dan hasil evaluasi tersebut bagi laboratorium peserta merupakan salah satu bukti jaminan mutu Hasil Pengujian.

Pada Laboratorium Penguji Benih yang akan atau telah diakreditasi Jaminan Mutu hasil pengujian merupakan salah satu persyaratan dalam SNI ISO/IEC 17025:2008. Berpartisipasi dalam Uji Profisiensi yang diselenggarakan oleh LPUP yang kompeten merupakan salah satu cara untuk memelihara kompetensi  laboratorium dan untuk menjamin keabsahan hasil pengujian .

Manfaat partisipasi dalam uji profisiensi antara lain :

a)    Sebagai pengendalian mutu data uji secara reguler, eksternal dan independen.

b)     Bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja laboratorium

c)     Pemenuhan persyaratan akreditasi laboratorium.

 

Pada tahun 2014 LPUP Balai Besar PPMB-TPH akan menyelenggarakan Uji Profisiensi untuk komoditas benih padi (Oryza sativa) dan sawi (Brassica juncea).

Untuk laboratorium penguji yang akan berpartisipasi pada kegiatan Uji Profisiensi, agar mengisi formulir  pendaptaran seperti terlampir dan menyelesaikan biaya keikutsertaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah No 48 tahun 2012  tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Pertanian, peserta dikenakan  biaya untuk satu komoditi sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) atau Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) untuk dua komoditi. Biaya uji profisiensi disetorkan pada kas negara dengan menggunakan Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP) sesuai dengan format isian. Bukti setoran beserta Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan formulir pendaftaran agar disampaikan ke Balai Besar PPMB-TPH melalui faksimili (021) 8755046 atau email: bbppmb_tph@yahoo.co.id atau jaringanlab@yahoo.co.id

 

*. formulir dan kelengkapan dapat diunduh pada link dibawah

1. Formulir Pendaftaran UP 2014

2. Form SSBP UP 2014