PENYELENGGARAAN UJI PROFISIENSI BENIH TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA TAHUN 2015
Diposting tanggal: 13 Februari 2015

Kepercayaan terhadap suatu laboratorium penguji dalam memberikan hasil uji yang akurat merupakan hal yang sangat penting bagi pengguna jasa laboratorium. Untuk memberikan kepuasan kepada pengguna jasa, laboratorium harus memiliki prosedur pengendalian mutu sebagai bahan evaluasi keabsahan hasil pengujian. Hal tersebut dapat ditempuh antara lain dengan berpartisipasi pada pelaksanaan uji banding antar laboratorium .

Uji banding antar laboratorium merupakan pengelolaan, unjuk kerja dan evaluasi pengujian atas bahan yang sama atau serupa oleh dua atau lebih laboratorium yang berbeda sesuai persyaratan yang telah ditetapkan terelebih dahulu. Tujuan uji banding antar laboratorium antara lain evaluasi kinerja dalam pengujian tertentu atau pemantauan kinerja laboratorium berkesinambungan, identifikasi permasalahan di laboratorium serta inisiasi tindakan untuk peningkatan, peningkatan kepercayaan pelanggan terhadap laboratorium, identifikasi perbedaan antar laboratorium, evaluasi karakteristik kinerja dari sebuah metode sering dinyatakan sebagai uji coba kolaboratif. (SNI ISO/IEC 17043:2010).

Salah satu tugas Balai Besar PPBM-TPH adalah melaksanakan uji profisiensi, unjuk kerja metode, uji arbitrase dan uji acuan. Uji profisensi bertujuan untuk mengetahui kinerja laboratorium penguji benih sesuai parameter pengujian. Laboratorium Penyelenggara Uji Profisiensi (LPUP) Balai Besar PPMB-TPH terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor UPP-001-IDN dengan ruang lingkup pengujian Kadar Air, Kemurnian, Daya Berkecambah, dan Berat 1000 Butir.

Manfaat uji profisiensi bagi laboratorium peserta, antara lain:

a)      Sebagai pengendalian mutu data uji secara reguler, eksternal dan independen.

b)     Bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja laboratorium

c)      Pemenuhan persyaratan akreditasi laboratorium.

Pada tahun 2015, LPUP Balai Besar PPMB-TPH akan menyelenggarakan Uji Profisiensi untuk komoditas benih jagung (Zea mays) dan bayam (Amaranthus sp). Laboratorium yang akan berpartisipasi dalam uji profisiensi dapat mengisi formulir pendaftaran dan disampaikan ke Balai Besar PPMB-TPH melalui faksimili (021) 8755046 atau email: bbppmb_tph@yahoo.co.id atau jaringanlab@yahoo.co.id (Formulir terlampir).

   

a. Benih Jagung

b. Benih Bayam

 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 48 tahun 2012  tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Pertanian, peserta dikenakan biaya untuk satu komoditi sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) atau Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) untuk dua komoditi. Biaya uji profisiensi disetorkan ke kas negara melalui Balai Besar PPMB-TPH. Prosedur pembayaran akan diinformasikan setelah mengirimkan formulir pendaftaran. (Nur Indrayanti, N. Suryati, D. Taliroso).