Please ensure Javascript is enabled for purposes of Kementerian Pertanian RI
1
Chatbot
Selamat datang, silahkan tanyakan sesuatu
Logo

Balai Besar PPMBTPH Raih Dua Penghargaan pada Forum Pelayanan Publik Kementan 2025

13/10/2025 16:34:00 Miftakhul khusnah 132

Jakarta, 13 Oktober 2025 – Balai Besar Pengujian dan Pengawasan Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (PPMBTPH) meraih penghargaan pada kegiatan Forum Pemberian Penghargaan pada Praktik Baik Pelayanan Publik Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2025. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia Aparatur (OSDMA) Kementerian Pertanian dan dilaksanakan di Aula Kementerian Pertanian, Jakarta.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Biro OSDMA Ir. Nurwahida, M.Si., memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi rangkaian acara yang mencakup dua kegiatan utama, yaitu pemberian penghargaan pelayanan publik dan bimbingan teknis pelayanan prima. Forum ini dihadiri oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi lingkup Kementan, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Tim BST Consulting sebagai narasumber, serta peserta bimbingan teknis pelayanan prima.

Balai Besar PPMBTPH berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu sebagai peserta Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik Mandiri Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2025, dan sebagai peserta Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2025 Lingkup Kementerian Pertanian.

Dalam arahannya, Ir. Nurwahida, M.Si. menyampaikan apresiasi kepada seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Pertanian yang telah berkomitmen dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima, berkualitas, cepat, mudah, adil, transparan, dan akuntabel. Ia menekankan pentingnya konsistensi dan semangat berinovasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik agar tidak mengalami penurunan setelah memperoleh penghargaan.

Pada kesempatan yang sama, beliau juga menyampaikan bahwa pada tahun 2025 terdapat 25 unit lokus evaluasi pelayanan publik, di mana 10 unit telah meraih predikat “Prima”. Diharapkan unit lainnya terus berupaya mencapai standar pelayanan prima sebagaimana yang telah dicapai oleh sepuluh unit tersebut, sehingga di tahun mendatang seluruh unit layanan di lingkungan Kementerian Pertanian dapat berstatus prima.

Partisipasi Balai Besar PPMBTPH dalam kegiatan ini menjadi bukti nyata dalam mendukung upaya Kementerian Pertanian membangun pelayanan publik yang profesional, responsif, dan berdaya saing. Prestasi ini sekaligus menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Balai untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan pemangku kepentingan di bidang pertanian.

Sebagai tindak lanjut dari pencapaian ini, Balai Besar PPMBTPH berkomitmen untuk terus memperkuat budaya pelayanan prima dan inovasi dalam mendukung transformasi pelayanan publik di sektor pertanian, sehingga menjadi bagian dari Kementerian Pertanian dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

 

Penulis : Syakhril Alam

Editor : Siti Nurhaeni