Official Website   I   Balai Besar PPMBTPH

6281314599954

       

[email protected]

Detail Berita

DISEMINASI OUTPUT REKOMENDASI PENGAWAS BENIH TANAMAN AHLI MADYA BALAI BESAR PPMBTPH

Salah satu indikator kinerja Balai Besar PPMBTPH yang hasrus dicapai pada tahun 2023 adalah lima rekomendasi hasil pengembangan metode pengujian mutu benih. Rekomendasi ini nantinya digunakan sebagai bahan revisi Kepmentan atau Standar Opersioanl Prosedur, salah satunya adalah  Keputusan Menteri Pertanian No 993HK.150/C/05/2018 tentang Petunjuk Teknis Pengambilan Contoh Benih dan Pengujian/analisis Mutu Benih Tanaman Pangan.

Kelima rekomendasi ini sudah dilaksanakan oleh pengawas benih tanaman ahli madya dalam bentuk 10 kegiatan pengembangan dan validasi metode yang sudah tertuang dalam matrik peran hasil. Penyusunan matrik peran hasil merupakan salah satu proses yang harus dilakukan dalam rangka persiapan penyusunan Indikator Kinerja Individu. Selain itu, kegiatan ini merupakan implementasi atas mandat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS.

Hasil pembagian peran dan hasil sepuluh  pengembangan dan validasi metode yang dibagikan kepada setiap pengawas benih tanaman ahli madya  untuk menjadi indikator kinerja individu pegawai dan dirinci sesuai kegiatan pada tupoksi jabatannya. Bahasa yang digunakan untuk Indikator Kinerja Individu adalah konsep hasil kegiatan (outcame), bukan proses kegiatan.

Untuk proses kegiataan yang dilaksanakan oleh pengawas benih tanaman terkait pengembangan dan validasi metode adalah  menyusun proposal pengembangan metode dan mempresentasikan dalam seminar proposal, melaksanakan pengembangan metoide baik di lapangan, gudang benih maupun uji laboratorium, mengumpulkan data, mengolah data, menyusun laporan, mempreresentasikan dalam seminar hasil dan merumuskan output berupa rekomendasi kegiatan pengembangan metode dan validasi metode

Agar output berupa rekomendasi ini dapat diketahui  oleh stake holder, maka dilakukan diseminasi. Diseminasi adalah proses penyebaran inovasi yang direncanakan, diarahkan dan dikelola. Pada diseminasi dihadirkan narasumber dari Perguruan tinggi dan Badan Riset Nasional. Masukan dan saran dari  narasumber dan stake holder digunakan untuk penyempurnaan rekomendasi tahun 2023.